Bupati Garut Raih Een Sukaesih Award 2016




Bupati Garut, Rudy Gunawan, meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Peduli Pendidikan Kreatif dan Inovatif di Jawa Barat. Atas raihan prestasinya tersebut, Rudy Gunawan menerima penghargaan Een Sukaesih Award 2016. Dari Kabupaten Garut, tidak hanya Rudy Gunawan yang meraih penghargaan pada pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh salah satu Media Harian di Jawa Barat tersebut. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Garut Kota, Hipni Mubarok Abidin meraih penghargaan serupa untuk katagori Guru SMP Inspiratif Jawa barat 2016.
Pada penganugrahan yang dilaksanakan di Aula Barat Gedung Sate, Senin (09/05/16), keduanya mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan medali yang diserahkan secara langsung Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.
Berdasarkan penilaian yang dilakukan dewan juri dan tim adhoc, sebagai Kepala Daerah, Rudy Gunawan dinilai secara komprehensif mampu memberi warna tersendiri bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Garut melalui visi dan misinya. Perbaikan infrastruktur pendidikan, manajemen dan penataan SDM merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Rudy Gunawan sehingga berdasarkan penilaian mendapatkan penghargaan.
Inovasi dan kreatifitas yang dilakukan Bupati Rudy seperti pemberian penghargaan bagi siswa-siswa berprestasi se-Kabupaten Garut pada samen bersama yang dilakukan di Gedung Pendopo dan memberikannya fasilitas “plesiran” bagi siswa-siswi yang memiliki rangking tertinggi dari tiap Kecamatan menjadi salah satu inovasi dan kreatifitasnya untuk menggenjot prestasi  dunia pendidikan di Kabupaten Garut yang dilakukan Rudy Gunawan bersama Wakilnya Helmi Budiman tersebut. Sementara Hipni Mubarok, dinilai berhasil menciptakan senam bagi kalangan anak berkebutuhan khusus (ABK).
Mengomentari diterimanya penghargaan tersebut, Bupati yang gemar blusukan ke sekolah-sekolah terpencil sambil membagikan bingkisan bagi anak-anak SD dan TK tersebut, hanya menyampaikan bahwa persoalan pendidikan di Kabupaten Garut masih banyak. Masih adanya infrastruktur pendidikan yang rusak seperti adanya bangunan sekolah yang beberapa waktu lalu ambruk misalnya, menurut Rudy, setidaknya merupakan pekerjaan rumah yang sejatinya harus menjadi perhatian serius bagi dunia pendidikan. Penghargaan ini mudah-mudahan menjadi motivasi dan pelecut bagi kita semua untuk terus memperbaiki dunia pendidikan di Kabupaten Garut. (Asep Ahmad/Adv)

Comments