Bisnis Photografi Hobi Menghasilkan Uang dan Menambah Banyak Relasi



     
   Dari sekian panjang obrolan antara Tabloid Intan dengan Felix Heru Hermawan, ada kalimat-kalimat penting yang tercatat di memori Tabloid Intan. Salah satunya, apa saja keuntungan menjadi pengusaha photografi. Dan, mudah-mudahan melalui tulisan ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi para photografer yang belum meraih sukses.
Menurut pengakuan seorang Felix Heru Hermawan, menjadi seorang phtografi tentunya bisa melakukan aktifitas sesuai hobi dan tentunya bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan, bisa juga bergaul dengan orang dari berbagai kalangan, menambah relasi, sahabat dan yang paling enak menjadi photografi bisa jalan-jalan ke luar daerah bahkan luar negeri.
     “Banyak manfaat ketika kita sudah memiliki kemampuan dibidang photografi. Salah satu manfaat yang saya rasakan ketika dipercaya untuk melakukan pemotretan ke luar negeri. Waktu itu saya mendapat projeck ke Vietnam dan Singapura. Saya bisa bisa mengaktualisasikan ide dan mengekspresikan kemampuan yang saya miliki. Saya bisa memotret, mendapatkan uang dan gratis jalan-jalan ke luar negeri,” papar pria berambut lurus ini sambil memperlihatkan foto-foto hasil karyanya di luar negeri.
     Selain berbicara tentang manfaat dan keuntungan, Felix juga mau berbagi cerita tentang kendala di bidang bisnis photografi. Dia menyebutkan, kendala menjadi photografi dan menjalankan bisnis studio photo, masih banyak warga Garut atau calon konsumen yang belum memahami arti artistik photografi.
     Diantara sekian juta warga Garut, masih banyak yang ingin difoto dengan hasil yang asal ada dan seni photografinya diabaikan. Biasanya, hal ini dikarenakan kekurangan biaya. Terlebih lagi, Kaktus Photografi  masuk di grade atas, karena pemotretan dilakukan secara professional atau tidak asal photo.
     “Selain memotret, kami juga membantu konsep ide dan menggunakan perlatan yang sangat lengkap serta menggunakan sarana prasarana yang berkualitas. Untuk praweding menggunakan make up artis dan lighting man. Kalau dibutuhkan, ada juga penata gaya dan melibatkan banyak tim,” ujarnya.
     Bahkan, sambung Felix, dia pernah memotret untuk praweding di tempat wisata Talaga Bodas dengan membawa dekor lengkap. Tujuannya untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda, decor yang biasanya digunakan didalam ruangan, waktu itu harus dipasang di alam terbuka dengan suasana pegunungan. “Hasilnya sangat memuaskan. Saya bangga dan konsumen pun bahagia,” terangnya. (Asep Ahmad)




 10 Tahun Berkarya
Bisnis Kaktus Photografi Maju Pesat
     Selama 10 tahun, Felix Heru Hermawan menggeluti bisnis photografi. Selama ini juga Felix mengaku sangat enjoy dan menikmati profesinya. Mengawali bisnisnya ini, Felix mengaku hanya memiliki lampu sebanyak dua buah. Dan sekarang, Felix udah punya 10 lighting, baju-baju pengantin, kebaya, kamera dan lensa yang lebih lengkap dan lebih baik.
     Felix juga menawarkan pelayanan jasa pemotretan untuk weding dan praweding. Diapun seringkali mendapatkan order untuk profil produk dari pusat, seperti produk unilever. Ditunjang oleh make up artis yang handal, ide yang fresh dan original, maka kualitas photo di Kaktus Photografi hasilnya sangat professional.
     Tarif yang dibandrol oleh Felix, weding dimulai dari harga Rp 5.000.000 sampai belasan juta rupiah. Sedangkan untuk photo studio, hanya Rp 15.000 dengan ukuran 4 R per photo. Ada juga paket Rp 75.000 untuk lima foto. Harga untuk praweding start Rp 1 juta untuk paket di studio.Sedangkan untuk luar studio start Rp 1.750.000, lokasi ditentukan oleh klien. Tetapi, apabila kliennya bingung atau tidak tahu tentang Garut, maka pihak Kaktus Photografi yang menentukan lokasi pemotretan.
     Saat ini, beberapa tempat yang sering direkomendasikan oleh Kaktus Studio Photografi seperti Kawah Papandayan, Talaga bodas, Pameungpeuk, Sampireun, Gedung Mawar, Green Kamojang dan tempat-tempat lainnya. Selain pemotretan, Kaktus Photografi  juga melayani cetak foto, figura, make up dan baju pengantin. Sementara ini, untuk kaset CD ditarif Rp 5.000. Photo juga bisa dikirim via email konsumen.
     “Kami juga melayani pembuatan photo booth dan kursus untuk basic photografi dan lighting studio. Selama ini Kaktus Photografi sudah bekerjasama dengan Universitas Garut (uniga),” pungkasnya. (Asep Ahmad)

Comments