Lima Tahun Persiapan Sudah Matang Jurusan TKR SMK AL-Farisi Kejar Predikat A





Ketua Akreditasi Kompetensi Keahlian Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) dan Tekhnik Kendaraan Ringan (TKR), SMK Al Farisi Leles, Yusep Yulasmana Amd didampingi sekretarisnya Miftah Al Faruq mengatakan, pihaknya memiliki kesiapan yang maksimal menghadapi akreditasi yang dilaksanakan oleh Akreditasi Nasional SMA dan SMK. Setelah melakukan berbagai persiapan, pihak SMK Al-Farisi juga optimis bisa meraih predikat A.
“Kami sudah melakukan berbagai persiapan sejak lima tahun lalu, dan bulan ini kami melakukan persiapan untuk pelaksaan akreditasi yang memang hanya dilakukan dalam lima tahun sekali ,” ujar Yusep kepada Tabloid Intan, pekan lalu.
Pelaksanaan akreditasi untuk jurusan TKR memang belum ada kejelasan waktu pelaksanaanya, namun pihak SMK Al-Farisi sudah melakukan berbagai persiapan. “Kami sudah siap meraih predikat A,” ujar Yusep penuh keyakinan saat ditemui di Kampus II SMK Al Farisi, Jl Kiansantang NO 9, Desa Kandang Mukti, Kecamatan Leles, Garut.
Menurut Yusep, Delapan implementasi standar pendidikan nasional satuan pendidikan seperti standar pengelolaan, sarana, pendidik, tenaga kependidikan, penilaian, proses, isi dan standar pembiayaan sudah dilakukan pihak SMK Al-Farisi.
 Sesuai dengan peraturan pemerintah No.19 tahun 2005 atau permendiknas No.29 tahun 2005 tentang Standar Badan Akreditasi Nasional dan UU No. 20 tahun 2013 tentang sistem pendidikan nasional, ke delapan standar pendidikan nasional ini menjadi bahan untuk akreditasi.

 Akreditasi pertama yang ditempuh SMK Al-Farisi lima tahun lalu sudah mendapatkan predikat B. “Tahun ini kami berharap mendapat predikat A. berdasarkan instrumen yang ada, menurut kami sudah sangat jelas dan sudah dipahami, mudah-mudahan persamaan persepsi antara asesor dengam tim visitasi dokumennya bisa sesuai,” katanya.
“Kemungkinan pelaksanaan akreditasi akan dilaksanakan bulan November akhir. Walau jadwal belum muncul dari provinsi, namun biasanya pengeluaran penilaian dan sertifikat semua kompetensi akan keluar di bulan Desember secara bersamaan,” pungkasnya.
Untuk diketahui, dari enam kompetensi di SMK Al-Farisi yang sudah memiliki A yaitu jurusan Akuntansi. Sedangkan yang memiliki predikat B adalah jurusan TKR dan TKJ dan sisanya yaitu jurusan TSM dan AP. (Asep Ahmad)

Comments