Dimalam Tahun Baru Gunung Guntur dipadati Ribuan Pendaki






Gunung Guntur yang masuk dalam Taman Wisata Alam di Kabupaten Garut, Setiap tahunnya  menjadi buruan pendaki di malam tahun baru. Lokasi yg cukup dekat dari Garut Kota dan wisata air panas,  ternyata tak hanya diminati oleh pendaki lokal tatapi banyak juga pendaki yg berasal dari luar kota yang sengaja datang untuk merayakan malam pergantian tahun dari ketinggian puncak Gunung Guntur. Karena jalur pendakian yg cukup aman ada beberapa keluarga lengkap beserta anak-anaknya yang sengaja mendaki untuk menikmati indah nya gemerlap percikan ribuan kembang api dari ketinggian. 

Selama pendakian pendaki dimanjakan dengan pemandangan alam yg sungguh mengagumkan,diawali dengan perjalanan, dari mulai sisa Lokasi penambangan pasir yg sudah tidak aktif lagi menjadikan perjalanan terasa unik dan menarik, tidak seperti mendaki di gunung gunung yang lainnya.

Karena  lokasi  tersebut menyajikan pemandang yg unik. Di tengah perjalan pos 1 dimanjakan dengan hutan pinus dan tempat registrasi yg sejuk menyegarkan karena kita bisa bersantai  di bawah pohon pinus yang menjulang tinggi, serta gemuruh air sungai yg begitu jernih, dan  disini pun kita bisa menemukan salah satu objek wisata lain yaitu air terjun citiis. 

Sesampainya sepertiganya ketinggian gunung Guntur dari tebing batu kita bisa melihat indahnya Kota Garut dan manjakan dengan pemandangan alam berupa hamparan rumput liar yang sangat indah.

Untuk medaki Gunung Guntur  ada beberapa hal yang harus ditaati pendaki Selama pendakian. Pertama pendakian tidak boleh berkemah dipuncak dan hanya boleh berkemah di pos 3 "Sesuai dengan rekomendasi dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam)

Kedua, kata dia, pendaki harus membawa peralatan yang komplit. Karena saat ini musim hujan, maka beberapa penggal jalur pendakian menjadi licin. 

Ketiga, pendaki tidak boleh melakukan aksi vandalisme (Perusakan). Jika ditemukan pendaki melakukan vandalisme, maka akan diberi sanksi seperti membersihkan perbuatan vandalisme dan tidak boleh mendaki.

Pendakian menuju Gunung Guntur  ini diwarnai dengan cerita dan pengalaman yang luar biasa rasa lelahpun seakan terbayar lunas dengan sajian pemandangan indah dari puncak Gunung. (Cancan)






Comments