MORAL





Moral adalah istilah manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Sehingga moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia. Moral secara ekplisit adalah hal-hal yang berhubungan dengan proses sosialisasi individu, tanpa moral manusia tidak bisa melakukan proses sosialisasi. 

Moral dalam zaman sekarang memiliki nilai implisit karena banyak orang yang memiliki moral atau sikap amoral itu dari sudut pandang yang sempit. Moral itu sifat dasar yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia harus memiliki moral jika ia ingin dihormati oleh sesamanya. Moral adalah nilai keabsolutan dalam kehidupan bermasyarakat secara utuh. Penilaian terhadap moral diukur dari kebudayaan masyarakat setempat.

Moral juga adalah perbuatan, tingkah laku, ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia. Apabila yang dilakukan seseorang itu sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, begitu juga sebaliknya. Moral adalah produk dari budaya dan agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah terbangun sejak lama. 

Pengertian moral cukup sederhana, moral adalah pesan yang disampaikan atau pelajaran yang bisa dipetik dari kisah atau peristiwa. Moral berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang: sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut. Oleh karena itu setidaknya membuat kita mampu membedakannya dengan etika. Tidak ada yang pernah mengatakan bahwa moral dan etika itu sinonim. Atau dengan kata lain, moral dan etika tidak memiliki arti yang sama. Moral mengacu pada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku. 

Perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok social, berarti tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya. Moral sesuatu yang berkaitan atau ada hubungannya dengan kemampuan menentukan benar salah dan baik buruknya tingkah laku. Pengertian moral lainnya bahwa moral adalah nilai yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang. Adalah aturan-aturan mengenai sikap dan perilaku manusia sebagai manusia. Benar adanya bahwa orang yang bermoral atau dikatakan memiliki moral adalah manusia yang memanusiakan orang lain.

Selanjutnya moral merupakan sebuah tolak ukur. Moral dapat digunakan untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu atau pekerjaan tertentu. Sepertinya dalam pengertian moral adalah kebaikan-kebaikan yang disesuaikan dengan ukuran ukuran tindakan yang diterima oleh masyarakat atau umum, meliputi kesatuan sosial maupun lingkungan tertentu. Disini, dapat anda perhatikan bahwa pengertian moral selalu dihubungkan dengan adat istiadat suatu masyarakat.

Kecerdasan moral (MQ, moral quotient) adalah kemampuan seseorang untuk membedakan benar dan salah berdasarkan keyakinan yang kuat akan etika dan menerapkannya dalam tindakan. Banyak langkah untuk membangun kecerdasan moral seseorang, misalnya: Mengembangkan sikap empati (turut merasakan apa yang dialami orang lain secara mendalam), yakni dengan membentuk kesadaran dan kosa kata emosional, meningkatkan kepekaan terhadap orang lain, dan mampu untuk memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain. Menumbuhkan hati nurani dengan memberikan ajakan kebaikan untuk memperkuat hati nurani. Menumbuhkan pengendalian diri, yakni dengan memprioritaskan mana yang dianggap benar. Mengembangkan sikap menghormati orang lain. Memelihara kebaikan, menunjukkan kekhawatiran mengenai perasaan orang lain. Mengembangkan sikap toleransi, yaitu dengan menghormati hak dan kewajiban orang lain dengan menanamkan apresiasi terhadap keberagaman, dan tidak mudah memiliki prasangka akan hal tertentu. Mengembangkan keadilan, yakni dengan mengembangkan sikap terbuka dan berperilaku secara seimbang, tanpa membeda-bedakan sesuatu. Ada baiknya kita simak quote berikut: Respect for ourselves guides our morals, respect for others guides our manners. *(Tangguh Tunggalaye)

Comments

  1. Petir bukan sembarang petir..

    Mbah petir Gates Of Olympus akan bagi bagi petir x500 dan Scatter hari ini
    buruan join dan daftarkan akun di BOLAVITA segera proses deposit dan withdraw cepat

    RASAKAN SENSASI PETIR NYA SEKARANG JUGA !

    -Dengan Pelayanan 24 Jam Nonstop Untuk Anda. Kami Juga Berkerja Sama Dengan Banyak Bank Seperti: BCA BNI - BRI - Mandiri - Danamon.
    -Dengan Proses Dana Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Ramah Dan Super Cepat Serta Customer Service Yang Profesional Untuk Melayani anda semua. Pendaftaran Gratis!!!!
    -Dengan 50rb Saja Anda Sudah Bisa Bermain Permainan Games Online Secara Langsung Dan Menangkan Hingga Jutaan Rupiah. Data Rahasia di jamin Aman & Terpercaya.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete

Post a Comment