Renungan






Sebuah objektif adalah kebahagiaan kita. Dan kebahagiaan haruslah menjadi tujuan kita. Kebijakan sejati mengatakan bahwa kebahagiaan tidak terletak jauh dimana. Kebahagiaan tertanam di dalam diri kita sendiri. Kita hanya perlu menemukannya. Sayangnya kebahagiaan seringkali tertimbun oleh endapan rasa takut dan sedih akibat hal-hal di luar diri kita. Untuk itu kita harus menyingkirkannya, yaitu dengan memutuskan untuk tetap berbahagia. 

Dunia mungkin membuat kita bersedih namun dunia tak boleh memiliki kita. Di dalam diri kita harus berjuang keras untuk tidak dibatasi oleh kejadian luar. Di dalam kita tetap memiliki kebahagiaan. Mengapa tak kita perhatikan sorot mata antusias anak-anak?
Mereka tetap menemukan permainannya meski di tengah panas terik dan hujan lebat. Mereka melakukan itu karena dorongan keceriaan dan kebahagiaan dari dalam diri. Diri dalam mereka tidak dibatasi oleh dunia luar. Sedangkan orang tua mereka mungkin menggerutu karena teriknya matahari atau lebatnya hujan. Bukankah, orang bijak adalah orang yang tidak kehilangan kegembiraan kanak-kanaknya.

Tersenyum, tertawa lepas tanpa ada beban, tulus mengalir dari hati seperti memberikan dan membagi keceriaan itu kepada siapa saja, siapa pun itu yang berada di dekatnya. Itulah keceriaan seorang bocah kecil yang sangat polos.

Tentang keceriaan anak kecil ini, kalau keceriaan dan tawa yang lepas seperti yang diperlihatkan oleh anak-anak yang sedang senang bermain, banyak sekali manfaatnya. Secara medis, keceriaan dan tawa yang lepas memberikan banyak sekali dampak positif terutama untuk kesehatan. Di antaranya adalah mendatangkan kebahagiaan, membantu mengurangi rasa sakit, mengatasi ketakutan dan kecemasan, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Tertawa bisa juga meningkatkan produksi hormon kesehatan yang berfungsi dalam pembentukan antibodi tubuh. Tertawa berkaitan juga dengan system kekebalan tubuh kita, jadi buat apa kita bersedih kalo bikin sakit diri kita sendiri dan tidak ada gunanya. Yang ada malah nyusahin diri sendiri dan orang lain. Nah, akan indah dan bahagia hidup kita kalau menjalani kehidupan sehari-hari dengan keceriaan anak kecil karena dampak positif bagi kita itu cukup baik. Mari kita mencari kebahagiaan diri. *(Widyawati Nurhadi SPsi)

Comments