Dynamic Nasyeed Hadirkan Musik Islami Untuk Warga Garut





Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, memuji Allah dan sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi. Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.
Nasyid berasal dari bahasa Arab yang berarti senandung. Kata ini dipakai menjadi senandung yang bernafaskan Islam. Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas.
Banyak sudah bermunculan group nasyid di Indonesia. Tidak ketinggalan, di Garut pun kini hadir Dynamic Nasyeed. Berdiri tanggal 12 januari 2017, mungkin terlihat sangat baru untuk sebuah group yang mencoba tampil bergendre religi. Namun sebenarnya para personil Dynamic Nasyeed bukanlah wajah baru dalam musik nasyid. Misalnya Panji Wafa, Yudha J'pang, Sidqi Zakaria, dan Andi Gunawan. Sebelumnya para personil group ini sudah eksis dlm musik nasyid sebagai solois di bawah naungan Paguyuban Nasyid Garut ( PNG ). Yang pada akhirnya para solois ini memutuskan untuk membentuk sebuah group. Dynamic diambil dari kata Dinamika yg secara umum dalam musik memiliki makna tentang nada. Yakni tentang keras dan lembutnya suara saat bernyanyi.
Panji Wafa menuturkan: “Dynamic itu diambil dari kata dinamika yang secara umum dalam musik memiliki arti sebuah tanda yang menyatakan keras dan lembutnya suara yg dikeluarkan dalam bernyanyi. Arti dinamika ada dalam kehidupan sebenarnya, ada saatnya situasi keras atau sulit dan ada kalanya situasi lembut atau mudah. Yang pastinya datang silih berganti.”
Harus diakui, kelebihannya dari Group Dynamic Nasyeed ini adalah hasil dari seleksi vokalis-vokalis nasyid terbaik di Garut. Perpaduan vokal mereka menimbulkan dinamik yang unik dan menarik. Masing-masing personil mempunyai prestasi unggulan. Dimana sebetulnya Dynamic Nasyeed dibentuk  atas permintaan Dewan Kesenian Kabupaten Garut. Hasilnya bisa kita lihat, sungguh perpaduan yang apik.
Terbentuknya group ini bertujuan untuk berkarya dalam hal positif dan bisa menjadi motivasi bagi penikmat musik nasyid maupun pelaku seni musik religi lainnya. “Kami bisa mengisi berbagai hiburan bernuansa Islami. Misalnya di acara pernikahan, sunatan, PHBI, bintang Tamu dan acara-acara lainnya...” pungkas Panji sembari tersenyum puas.
*(Asep Surahman)

Comments

  1. Petir bukan sembarang petir..

    Mbah petir Gates Of Olympus akan bagi bagi petir x500 dan Scatter hari ini
    buruan join dan daftarkan akun di BOLAVITA segera proses deposit dan withdraw cepat

    RASAKAN SENSASI PETIR NYA SEKARANG JUGA !

    -Dengan Pelayanan 24 Jam Nonstop Untuk Anda. Kami Juga Berkerja Sama Dengan Banyak Bank Seperti: BCA BNI - BRI - Mandiri - Danamon.
    -Dengan Proses Dana Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Ramah Dan Super Cepat Serta Customer Service Yang Profesional Untuk Melayani anda semua. Pendaftaran Gratis!!!!
    -Dengan 50rb Saja Anda Sudah Bisa Bermain Permainan Games Online Secara Langsung Dan Menangkan Hingga Jutaan Rupiah. Data Rahasia di jamin Aman & Terpercaya.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623

    ReplyDelete

Post a Comment