UPTD PUSKESMAS CIPANAS SIAP MELAYANI ANDA DENGAN RAMPAK (RAMAH NYAMAN SOPAN DAN KEKELUARGAAN) Oleh: Amilia, SKM, M.KM
UPTD Puskesmas Cipanas terletak
di jalan Cipanas no. 36 Garut, membawahi
4 wilayah kerja yaitu Desa Sirnajaya, Desa Langensari, Desa Rancabango dan
Kelurahan Pananjung di Kecamatan Tarogong Kaler. UPTD Puskesmas Cipanas
memiliki Visi dan Misi dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, Visi Puskesmas Cipanas yaitu terwujudnya
pelayanan puskesmas yang bermutu dan terjangkau guna meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat. Adapun misinya yaitu: Meningkatkan pembangunan
berwawasan kesehatan, mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan
masyarakat, memelihara dan meningkatkan mutu pemerataan dan keterjangkauan
pelayanan, memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan, keluarga dan
masyarakat beserta lingkungannya.
Dalam perwujudan visi dan misi
yang diemban oleh Kepala UPTD Puskesmas Cipanas dan jajarannya maka manajemen
Puskesmas mempunyai tata nilai yang dikenal dengan RAMPAK (Ramah Nyaman Sopan Dan Kekeluargaan) dan motto Puskesmas yaitu
dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan Dan Sabar) pelayanan hari ini harus lebih
baik dengan hari kemarin.
Dengan jumlah karyawan sebanyak
42 orang yang terdiri dari berbagai profesi kesehatan dan non kesehatan, UPTD
Puskesmas terus berkomitmen dalam pelayanan kesehatan yang sesuai dengan
standar di Permenkes no. 75 tahun 2015 mengenai Pusat Kesehatan Masyarakat
(Puskesmas) hal ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang telah disandang
oleh Puskesmas Cipanas diantaranya juara Puskesmas Berprestasi, Juara K3, Juara
Posyandu se Provinsi Jawa Barat sehingga kerapkali Puskesmas Cipanas didatangi
tamu dari luar daerah seperti Kaji Banding Program Promosi Kesehatan dari
Sumatera Selatan dan Kaji Banding Posyandu.
Kepala Puskesmas dr. Yeyen S. Permana,
M.Kes mengutarakan bahwa ada 2 jenis pelayanan di Puskesmas Cipanas yaitu Upaya
Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM). Jenis layanan UKP
adalah pelayanan secara personal/ individu pasien yang berobat di dalam gedung
puskesmas maupun di jejaring Puskesmas seperti Puskesmas Pembantu Sirnajaya dan
juga poskestren (pos kesehatan pesantren) dan poskesdes (Pos Kesehatan Desa).
Sedangkan jenis layanan UKM sebagian besar dilaksanakan di luar gedung
Puskesmas seperti penyuluhan, pelayanan di posyandu, pelayanan posbindu,
kesehatan lingkungan, gizi dan UKM lainnya. UKM dibagi menjadi dua yaitu UKM
essensial dan UKM pengembangan.
Saat ini ada bebagai macam
program inovasi yang dikembangkan oleh UPTD Puskesmas yaitu program PROGNOSIS
(Program Ngobrol dan Eksis), RANCAGE (HIV AIDS) dan Facebook PROMKES PKM
CIPANAS GARUT. PROGNOSIS adalah program siaran radio yang bekerjasama dengan
Radio Indiswara di 107,9 FM setiap hari Rabu jam 10.00 s.d 12.00 WIB berupa
dialog interaktif, RANCAGE adalah program layanan HIV AIDS yang mencakup
konseling, penyuluhan, mobile VCT dan pemeriksaan HIV-AIDS karena wilayah
Puskesmas Cipanas adalah wilayah pariwisata sehingga dikhawatirkan banyak
perilaku beresiko yang perlu dibina, dan yang terakhir adalah penggunaan
Facebook dengan account PROMKES PKM CIPANAS GARUT. Program inovasi ini
diharapkan mampu menjangkau masyarakat tidak hanya di wilayah kerja saja tapi
juga masyarakat di kab. Garut. Dengan adanya program inovasi lewat media massa
(PROGNOSIS dan FACEBOOK) UPTD Puskesmas Cipanas bisa mensosialisasikan semua
yang menyangkut pelayanan dari penyampaian pertama kali mengenai Visi misi dan
Tata Nilai hingga ke penjadwalan kegiatan dan laporan hasil kegiatan tersebut.
Dalam Peraturan Menteri kesehatan
no. 46 tahun 2015 tentang akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat praktik
mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi bertujuan untuk
meningkatkan mutu layanan dan keselamatan pasien; meningkatkan perlindungan
bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungannya, serta
Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik
mandiri dokter gigi sebagai institusi ;dan meningkatkan kinerja Puskesmas,
klinik Pratama, Tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri
dokter gigi dalam pelayanan kesehatan perorangan dan/atau kesehatan masyarakat.
Kepala puskesmas beserta
karyawan/I Puskesmas Cipanas berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan
kesehatan sesuai dengan visi Puskesmas yaitu terwujudnya pelayanan yang
bermutu dengan mengirimkan proposal
penilaian / survey akreditasi kepada Kementerian Kesehatan. Kemenkes
menindaklanjuti pengajuan proposal ini secara sigap dengan dikirimnya penjadwalan survey akreditasi ke UPTD
Puskesmas Cipanas. Diharapkan dengan mengikuti survey akreditasi yang akan
dilaksanakan tanggal 5 Desember 2016 mutu pelayanan kesehatan puskesmas dapat
dibina, dipelihara dan ditingkatkan untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan.
Dalam peningkatan mutu ini selain
dari peraturan dan perundang undangan, Puskesmas Cipanas juga menampung
aspirasi, saran, keluhan dan masukan dari masyarakat, tokoh masyarakat dan juga
lintas sektor seperti Kecamatan beserta para muspika juga para kepala desa/
lurah dalam penyusunan kegiatan yang berorientasi pada pelanggan. Pertemuan
lintas program, lintas sector dan tokoh masyarakat ini difasilitasi setiap 3
bulan sekali (triwulan).
Mudah mudahan dengan proses
akreditasi ini UPTD Puskesmas Cipanas dapat meningkatkan mutu layanan dan
kenyamanan pelanggan guna mencapai UPTD Puskesmas Cipanas yang terakreditasi
Paripurna, aamiin……
Comments
Post a Comment