Lipan





Lipan dianggap sebagai hewan berbisa meskipun bisa lipan kurang mematikan manusia, tetapi lipan biasa dikonsumsi di Thailand dan di beberapa bagian Afrika. Bahkan pengobatan tradisional Tionghoa memotong atau menggunakan bagian dari lipan sebagai obat untuk penggunaan oral, meskipun efektivitas pengobatan ini belum terbukti secara ilmiah.
Lipan atau kelabang (centipede) adalah hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Lipan adalah hewan metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal.
Lipan mudah ditemukan di daerah yang diarsir seperti bagian bawah daun-daun mati, batu, gua, hutan, dan bahkan bagian dalam rumah. Mereka biasanya ditemukan di daerah iklim seperti padang pasir, pegunungan, dan hutan. Pada siang hari mereka pergi untuk mencari perlindungan di lahan basah dan gelap. Jika cuaca terlalu basah atau terlalu kering, mereka mencari tempat lain untuk datang berlindung di dalam rumah.
Lipan suka tempat yang gelap, lembab. Kemungkinan besar lipan itu berada pada basement, pantry  dapur, retakan pada pondasi bangunan, kamar mandi, semua tempat  yang disebutkan itu merupakan tempat favorit kelabang. Karena binatang ini suka pada tempat –tempat yang gelap serta lembab.
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah lipan bertempat tinggal di rumah anda. Menjaga beberapa tempat agar tidak lembab. Lipan berkembang di lingkungan basah, mereka suka dengan daun basah, tanah, karpet, yang pada dasarnya jika ada kelembaban yang terbentuk di dekat atau di dalam rumah anda, ini akan memancing lipan untuk datang ke rumah anda untuk menjadikannya sebagai tempat tinggalnya.
Memastikan selokan di sekitar rumah anda, bisa menjauhkan terjadinya kelembaban pada pondasi bangunan rumah anda. Segera menyapu daun yang jatuh dari pohon, serta menjauhkannya dari rumah anda. Jauhkan tumpukan mulsa basah dan tanah jauh dari rumah anda. Gunakan dehumidifier untuk menjaga rumah anda tetap kering.
Lipan ini adalah binatang yang sangat datar dan licin sehingga dengan mudah menemukan jalan masuk ke rumah hanya melalui retakan kecil pada rumah anda. Jika Anda menemukan lipan di rumah maka kemungkinan juga terdapat hama kecil lainnya di rumah Anda karena lipan juga merupakan salah satu predator untuk serangga kecil misalnya semut dan lalat buah. Tentunya dengan menghilangkan serangga ini maka menghindarkan rumah anda menjadi sebagai tempat prasmanan bagi lipan.
*(Iwan Kumala)

Comments